Sains untuk AUD 1

1. Pernah lihat isi telor tanpa memecahkanya?

Alat dan bahan

1. Isi gelas dengan air sampai setengah penuh.

2. Tambahkan 2 sendok asam sitrat dan aduk hingga larut

3. Masukkan telur puyuh ke gelas dan biarkan beberapa waktu

4. percobaan ini juga bisa dengan mengunakan larutan cuka makan

2. Selain makluk hidup ternyata api pun membutuhkan oksigen

Bahan dan alat : lilin, piring, gelas, korek api, pewarna.

Pertama anda nyalakan sebuah lilin dan letakan pada piring, kemudian ambil gelas dan tutuplah lilin dengan mengunakan gelas. lihat apa yang terjadi, lilinya padam. untuk memeriahkan suasana jika dilakukan di kelas sebelum lilin di tutup ajak siswa untuk melakukan hipotesa dengan berbagai pertanyaan.

Setelah percobaan diatas kita lanjutkan dengan percobaan berikut dimana kita bisa membuktikan bahwa benar ada udara yang habis saat lilin hidup.

Masih dengan lilin dan piring tadi, masukan air kedalam piring, berikan sedikit zat warna untuk memudahkan pengamatan. Hidupkan lilin, kemudian lakukan percobaan yang sama dengan yang diatas, amati apa yang terjadi …. bener……. air dalam piring tersedot kedalam gelas.

Naiknya air kedalam gelas membuktikan bahwa adanya udara yang hilang karena digunakan pada proses pembakaran sehingga ruang yang kosong digantikan oleh air

3. Permainan “Balon anti pecah”

alat dan bahan

1. balon karet.

2. air, lilin dan

3. korek api.

Cara main. : isi balon dengan air kira2 sebanyak 100 ml, kemudian tiup (awas ini ngak mudah loh – bisa muncrat) . kemudian tiuplah balon lain tanpa di isi air. hidupkan lilin. pertama dekatkan balon kosong tanpa air ke lilin.. apa yang terjadi.. duarrrr.. balonnya pecah, kemudian lanjutkan dengan balon yang diisi air. lihat apa yang terjadi.. penasaran coba aja sendiri

Tinggalkan komentar