Mainan Untuk Belajar Anak

Mainan Untuk Tumbuh Kembang Bayi

Saat berusia 1 bulan, selain bayi Anda sudah mulai belajar mengenali suara dan musik lembut ia juga mulai mengenali wajah-wajah orang yang menyayanginya, terutama wajah ibu dan ayahnya. Itu sebabnya pada usia ini American Academy of Pediatrics (AAP) menyarankan agar orangtua mulai memberikan mainan dengan pola warna yang sangat kontras dan terang. Mengapa? Karena warna yang sangat kontras dan terang dapat menarik perhatian bayi sehingga memudahkan bayi untuk melihatnya.

Jadi tak mengherankan jika benda yang bergerak secara perlahan dan menghasilkan suara lembut jauh lebih menarik perhatian bati dibandingkan dengan benda yang diam dan tanpa suara.

Ingin tahu lebih detil tahapan perkembangan bayi mungil Anda? Serta mainan apa yang cocok untuknya? Berikut catatannya:

Usia 3 – 8 bulan

Berikan padanya mainan yang bisa dipegang. Sebab pada usia ini pandangannya masih sangat pendek sehingga ia hanya tertarik pada sesuatu yang Anda gerakkan di garis penglihatannya. Apa saja mainan yang cocok untuknya?

1.

Kotak musik atau pemutar kaset merupakan salah satu pilihan mainan yang bisa menghiburnya.
2.

Mobil-mobilan yang mempunyai warna dan pola yang cukup kontras. Pilih mobil-mobilan yang dilengkapi dengan musik.
3.

Berikan ia cermin yang tak mudah pecah agar ia bisa mengenali bayangannya sendiri.
4.

Buku lembut dengan pola atau dekorasi yang mudah dilihat dirancang untuk bayi.
5.

Mainan lembut yang bisa berbunyi saat ditekan akan menyenangkan bayi. Mainan ini akan membantunya menjadi waspada dengan apa yang dilakukan oleh tangannya.
6.

Pilihkan mainan berwarna hitam, putih, dan merah. Agar si kecil bisa mulai belajar melihat perbedaan bentuk dan pola yang merangsang perkembangan penglihatan.

Usia 9-12 bulan

Pada usia ini biasanya bayi mulai merangkak, merayap dan merembet. Ia pun juga mulai bisa berdiri dan berjalan. Jadi, apa saja mainan yang cocok untuknya?

1.

Berikan ia mainan yang bersifat interaktif. Sebab pada usia ini mulai memahami kata-kata dan mengenali nama-nama benda yang akrab dengannya.
2.

Mainan yang didorong biasa memberi peluang bagi batita dalam berlatih kemampuan berjalannya. Pilih mainan dorong yang berat, sehingga bayi bisa bersandar dan berputar mengelilingi ruangan tanpa mudah terjatuh.

3.

Mainan menyusun balok atau lego. Meski kadang permainan ini bisa membuat bayi frustasi karena lelah tapi mainan ini bisa menjadi tantangan latihan anak untuk memecahkan masalah.
4.

Telepon mainan. Bayi gemar meniru orangtuanya. Dengan mainan ini bayi akan mencoba berkomunikasi dengan memegang telepon dan memencet angka-angka.
5.

Belikan anak buku bergambar yang menarik. Pilihkan buku bertekstur lembut dengan warna-warna menarik.
6.

Ember dan sekop serta bak pasir kecil. Permainan ini akan membuatnya sibuk dan membuatnya sangat gembira, karena aktivitas dengan permainan ini biasanya dilakukan secara outdoor.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: