Karakter Anak

Ragam Sifat Anak & Cara Mengarahkannya

Anak memiliki bibit sifat yang sangat beragam. Jika tidak diarahkan secara tepat, bisa saja bibit yang mendasar itu berubah menjadi sifat negatif, seperti; pemalas, egois, atau pendendam.

Mengenali lebih dulu bibit sifat itu, memberi Anda peluang untuk mengarahkan anak mengembangkan diri ke arah yang lebih positif.

Sikap anak: Egois
Hal utama yang terlihat dari seorang anak egois adalah sikap keras kepala. Biasanya, orang tua cepat kehilangan kesabaran saat menghadapi anak seperti ini. Si anak cenderung ingin menang sendiri, tidak mau mendengarkan orang lain dan harus dituruti keinginannya. Bila tidak, biasanya anak akan mengeluarkan berbagai jurus ancaman, seperti mogok makan, atau menangis berguling-guling di lantai.

Penanganan orang tua: Jangan panik saat si kecil berulah, dan Anda tak perlu marah. Hadapi anak secara sabar. Hal terpenting yang ingin didapatkan oleh anak seperti ini, adalah perhatian. Jadi saat ia berulah, pastikan saja ia mengerti bahwa Anda sedang memperhatikannya.

Sifat anak: Perajuk
Ciri anak perajuk adalah cepat ngambek dan cenderung cengeng. Hampir mirip seperti anak egois, hanya saja anak perajuk tidak menunjukkan sikap keras kepala. Hal ini disebabkan karena anak merasa tidak mendapatkan perhatian yang cukup dari orang tua.

Penanganan orang tua: Sama seperti menghadapi anak egois, modal untuk menghadapi anak perajuk adalah kesabaran. Perhatian dan bujukan Anda akan membuat anak merasa nyaman dan menjadi tenang. Jangan mengendalikan anak dengan kekerasan, karena hal tersebut berdampak negatif pada perkembangannya.

Sifat anak: Pemalas
Ciri anak bersifat pemalas adalah enggan melakukan kewajibannya. Anak cenderung mengandalkan orang lain untuk memenuhi berbagai kebutuhannya.

Penanganan orang tua: Jika anak Anda memperlihatkan gelagat seperti ini, langkah yang paling jitu untuk mengatasinya adalah memberikan contoh sekaligus pengertian seacra konsisten. Berikan tanggung jawab pada anak sejak dini, paling tidak yang berhubungan dengan dirinya sendiri, seperti; merapikan mainannya atau meletakkan baju kotornya ke tempat yang telah ditentukan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: