Kakak Vs Adik

Persaingan Antara Kakak & Adik

Perselisihan atau persaingan (sibling rivalry) antara kakak dan adik pada usia prasekolah memang wajar terjadi. Tapi jika terus menerus terjadi perseliha dan persaingan, maka diperlukan campur tangan orangtua. Sebab, jika dibiarkan akan mempengaruhi kejiwaan anak-anak hingga mereka dewasa nanti.

Jadi, apa yang harus dilakukan oleh orangtua?

Perhatian harus seimbang

Sibling rivalry masih dianggap wajar apabila si anak sedang menyesuaikan diri dengan dengan suatu kondisi baru. Misalnya buah hati memiliki adik baru. Pada si kakak, rasa iri akan muncul karena semua perhatian ayan dan ibu bahkan seluruh rumah tertuju pada adik yang baru lahir. Pada kondisi ini orangtua harus memberikan penjelasan yang sesuai dengan usia anak agar ia memahami kondisi lingkungan sekitarnya.

Orangtua harus adil

Persaingan antara kakak dan adik biasanya terjadi pada anak dengan usia yang berdekatan. Pertengkaran yang terjadi bisa karena masalah sepele, misalnya berebut mainan atau makanan. Sebagai orangtua, sangat dianjurkan agar Anda memperlakukan adik dan kakak sama, tetapi tidak membandingkan atau membedakan. Siapa yang salah dia harus bersedia meminta maaf. Jika kakak dihukum, maka demikian pula dengan si adik.

Cari penyebabnya

Emosi iri harus dikendalikan, karena merupakan sikap yang tidak sehat. Sibling rivalry yang terjadi sejak usia anak-anak, jika tidak diintervensi dengan baik itu akan berlanjut sampai dewasa. Emosi iri itu sulit menyelesaikannya, karena percampuran dari marah, benci, dan cinta. Nah, di sinilah tugas orang tua bagaimana caranya agar sang anak tidak dikuasai emosi iri.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: