Bila Anak Aktif…

Bila Si Kecil Bak ‘Kelinci Energizer’

Siapa sih yang tidak bangga memiliki buah hati yang begitu aktif? Si kecil yang tampak selalu ‘sibuk’ dengan segala aktivitas dan seakan memiliki energi yang tidak habis-habis memang membanggakan. Bila dalam dua jam mungkin seorang anak hanya bisa melakukan beberapa hal, si kelinci energizer kecil kesayangan Anda ini bisa melakukan berbagai aktivitas, dan hebatnya, nonstop!

Sebutlah mulai dari sekedar menyusun balok, memanjat-manjat, bermain bola, sambil mengejar-ngejar kucing pun dilakoninya. Selain tidak betah hanya berdiam diri, si kecil seakan punya energi simpanan lebih yang tidak habis-habis. Keaktifannya ini memang membanggakan, namun sekaligus juga menimbulkan pertanyaan dalam benak. Apa pasal?

TIDAK SAMA DENGAN HIPERAKTIF

Pertanyaan mulai timbul karena Anda mungkin juga cukup familiar dengan istilah hiperaktif. Sejuta pertanyaan pun mulai timbul karena melihat polah tingkah si kecil yang begitu aktif. Yup, anak aktif memang seringkali identik dengan hiperaktif, alias anak dengan kecenderungan ADHD (Attention Deficit and Hyperactivity Disorder).

Padahal anak aktif dengan anak hiperaktif tentunya berbeda. Anak yang hiperaktif menunjukkan adanya disfungsi neurologis, sedangkan anak aktif justru memiliki potensi yang cemerlang untuk disalurkan. Anak yang aktif memang seringkali tidak tampak kelelahan walaupun banyak bergerak dan melakukan aktivitas yang disukainya. Ia juga cenderung mudah bosan pada sesuatu yang monoton.

Si aktif seringkali identik dengan anak hiperaktif karena pada kecenderungan ADHD tipe hiperaktif, umumnya sang anak pun berperilaku sangat aktif (berlebihan)Yang membedakannya adalah karena pada anak aktif, aktivitas yang dilakukan umumnya memiliki tujuan yang jelas, misalnya ia memanjat kursi untuk mengambil bola yang tersangkut.

Berbeda dengan anak hiperaktif (kecenderungan ADHD) yang melakukan aktivitas tertentu, tetapi tanpa tujuan yang jelas. Misalnya memanjat kesana kemari lantas meloncat tanpa ada maksud apapun. Selain itu, anak dengan kecenderungan hiperaktif umumnya memiliki tingkat konsentrasi/kemampuan fokus yang rendah karena rentang perhatiannya pendek.

KENALI CIRI SI AKTIF!

Bila si kecil tampak selalu aktif dengan segala aktivitasnya, tetapi Anda masih juga ragu, beberapa hal di bawah dapat dijadikan penanda karena umumnya ciri anak yang aktif –bukan hiperaktif- adalah sebagai berikut:

1.Menyelesaikan aktivitasnya. Walaupun cepat bosan, tetapi anak yang aktif akan lebih sabar untuk menyelesaikan aktivitas yang sedang dilakukannya sampai tuntas. Ini yang membedakannya dengan anak hiperaktif. Ketika ia bermain menyusun balok menjadi rumah, ia akan menuntaskannya sampai menjadi sebuah rumah.
2. Kemampuan konsentrasi yang baik. Anak yang aktif memiliki rentang perhatian yang baik dan tetap dapat tetap fokus melakukan sesuatu dalam standar normal anak seusianya. Ini juga yang membedakan dengan anak hiperaktif yang biasanya sangat cepat bosan dan langsung melakukan hal lain tanpa menyelesaikan aktivitas sebelumnya.
3. Istirahat. Kendati selalu terlihat memiliki energi ekstra dan nonstop ‘beraksi’, namun si aktif ini juga punya batas mobilitas. Kendati hanya sebentar, ketika ia merasa lelah, ia akan akan meluangkan waktu sejenak untuk sekedar duduk ataupun minum untuk beristirahat.
4.Tidak membangkang. Si aktif memang umumnya lebih kritis dibanding teman-temannya, tetapi ia tidak membangkang seperti yang sering dilakukan oleh anak hiperaktif. Ketika ia mau melepas baterai dari dalam remote televisi misalnya. Bila diberikan pengertian seperti, “ Sayang, jangan dilepas ya, nanti remotenya tidak bisa dipakai dan kamu nggak bisa nonton televisi.” Ia akan mengerti dan batal melakukannya.

Nah, bila si kecil tergolong tipe ‘kelinci energizer’ alias anak aktif, dukung dan arahkan aktivitasnya sehingga bermanfaat bagi tumbuh kembangnya!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: